Sunday, November 30, 2014

Menulis itu menyenangkan


Menulis itu kegiatan yang menyenangkan dan baik untuk perkembangan otak agar tidak cepat menjadi pikun. Menulis itu adalah berbagi. Berbagi itu menyenangkan. (Harry Surjadi)

Setelah 'marathon' event atau event berturut-turut sejak hari Jumat, tugas berikutnya adalah melakukan interview Mas Harry Surjadi perihal jurnalisme lingkungan, citizen jurnalist dan peran pemerintah soal isu lingkungan. Minggu (30 November 2014) pagi sekali sekitar pukul 7 lebih 30 menit, menjelang keberangkatannya kembali ke Jakarta. Interview berlangsung sekitar 45 menit, sangat menarik statement yang beliau sampaikan dan selalu ada 'trigger' di setiap kalimat yang beliau lontarkan. Di entri saya berikutnya, akan saya kupas hasil interview dengan Mas Harry. Beliau sangat mengharapkan citizen jorrnalism dan citizen journalist bisa tumbuh dan eksis di Yogyakarta, digerakkan oleh komunitas massif dan peduli akan kotanya.

Sesi terakhir interview, saya minta Mas Harry menulis quote untuk menyemangati saya terus menulis. Dan quote diatas yang saya dapatkan. Semoga quote ini juga menjadi penyemangat teman-teman yang memiliki kesenangan serupa.Thank you Mas Harry :)


Harry Surjadi pernah bekerja sebagai wartawan Trubus dan Kompas. Harry juga termasuk pendiri Society of Indonesian Environment Journalist (SIEJ). Dia pun peraih Knight International Journalism Fellow. Maret 2013 memperoleh penghargaan dari Universitas Queensland (UQ), Australia atas upaya Harry Surjadi mengenalkan jurnalisme warga di Kalimantan Barat.

No comments: